Rabu, 09 Februari 2011

Jangan takut hadapi semua ini

           Pernahkah kamu mempunyai rencana untuk jalan-jalan dengan motor bersama teman, saudara atau pasangan ? Atau mungkin berlari-lari kecil sendirian di taman di sore hari yang cerah ? Atau bersama teman-teman janjian ketemu di mall ? Kalau aku,  ya sering banget mempunyai rencana seperti itu. Bila jadwal piket ku pagi dan aku bisa pulang lebih cepat, tidak jauh dari rumah kostku ada sebuah taman yang asri dan nyaman untuk berolahraga ringan sambil mendapatkan inspirasi. Senang rasanya bila aku bisa olahraga kecil dan menikmati udara sore di taman itu. Tapi pernahkah kamu terhambat rencana akibat turunnya hujan, banjir, angin ribut, bahkan pohon tumbang dan menyebabkan kita merasa tidak aman untuk pergi ke luar rumah?  Sadarkah teman-teman bahwa cuaca saat ini tidak menentu ? Bisa kita katakan bahwa sekarang itu kita sedang mengalami "extrem weather". Apa yang harus dilakukan atau tidak dilakukan menghadapi hal ini ? Ternyata kita mempunyai rencana yang penting dan mendesak untuk  keluar rumah, sedangkan terjadi cuaca ekstrim tersebut, bagaimana kita menghadapinya ?
Baru- baru ini aku pernah menghadapi hujan deras, bahkan banjir yang menghadang di depan mobil mungilku. Bagaimana rasanya ? Selain hati dag dig dug, tangan dan kaki ini pun terasa bergetar karena ketakutan kalau-kalau mobilku tidak kuat menghadapi derasnya banjir di depan. Selain itu, ketakutan andai mogok siapa yang akan bantu dorong? Kalau panggil bengkel, berapa uang harus keluar  sedangkan di dompetku hanya tersisa beberapa lembar sepuluh ribuan. Banyak hal yang berkecamuk di pikiran ku yang menakut-nakuti diriku sendiri. Hingga akhirnya dapat ku terobos banjir di tikungan jalan itu hanya dalam waktu 2 menit ! Waktu itu aku pasang di perseneling ke1, dan menginjak gas dengan stabil dan siap-siap rem dengan bantuan rem tangan.  Ya hanya 2 menit, waktu yang sangat minim kukalahkan rasa takutku. Ketakutan yang kurasakan itu datang karena terlalu lama kecurigaaanku atau ketidakyakinan kita terhadap kemampuan diri sendiri. Inilah yang sering terjadi pada kehidupan ini. Banyak hal yang kita takuti karena keadaan di luar seperti hujan, angin ribut, awan gelap, dll. Takut karena belum mengalaminya. Takut karena  kita tidak mengetahui kemampuan kita sendiri, sehingga tidak bisa mengeksplorasi keadaan yang tidak diharapkan menjadi keadaan yang tenang. 
Tahukah kamu , bahwa dalam Alkitab sendiri terdapat 365 kata " Jangan takut..." seperti pada Matius 14.27, seperti jumlah hari dalam satu tahun, ini artinya kita tidak boleh takut setiap hari karena ada Yesus yang selalu menjaga kita. 
Aku pun bersyukur pada Bapa, karena selama aku menghadapi ketakutan, aku hanya berseru "Tuhan, tolonglah aku, berikanku kekuatan. Amin"
Bukan berarti kita terabas terus kalau ketemu hujan dan gangguan cuaca seperti saat ini. Tapi disaat kita mengalami hujan badai, banjir, dan angin ribut , mintalah pertolongan pada Tuhan karena Ia menjanjikan untuk menjaga di saat ketidakberdayaan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar